Anies Cegah Covid-19: Jangan Mudik Dulu, Sayangi Orangtua di Kampung

7

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan meminta dengan sangat agar warga masyarakat khususnya di DKI Jakarta supaya tidak mudik atau pulang ke kampung halaman dulu.

Permintaan itu disampaikan Anies dalam upayanya menghentikan penyebaran virus corona jenis baru (Covid-19) dan menekan laju jumlah korban virus asal Wuhan, China itu.

“Sebaiknya jangan mudik dulu. Kalau sayang sama orangtua di kampung halaman, sayang sama orangtua di kampung halaman, jangan pulang dulu untuk periode ini,” pesan Anies dalam dialog bersama presenter Deddy Corbuzier di sebuah studio dalam video yang viral di media sosial pantauan hidayatullah.com pada Sabtu (28/03/2020).

Pesan itu disampaikan Anies karena khawatir kasus Covid-19 menjadi besar juga di daerah luar Jakarta dan sekitarnya. Saat ini diketahui, Jakarta menjadi provinsi dengan jumlah korban tercatat paling besar.

Data resmi teranyar hingga Sabtu (28/03/2020) pukul 12.00 WIB, di DKI Jakarta terdapat 627 kasus Covid-19.

Jika warga DKI Jakarta yang jumlah penduduknya puluhan juta itu pada pulang ke kampung halaman masing-masing, Anies mengkhawatirkan terjadinya ledakan besar jumlah pengidap Covid-19.

Jika hal itu terjadi, yang juga dikhawatirkan Anies adalah kesiapan daerah-daerah dalam penanganan korban Covid-19, dalam hal ini terkait ketersediaan rumah sakit dan tenaga medis.

Anies memaparkan, kurva kenaikan kasus Covid-19 belum tentu bisa turun, kalau mobilitas manusia tetap berjalan terus.

Dengan mobilitas manusia yang terus berjalan itu, jelas Anies, berarti jumlah yang akan tertular Covid-19 akan terus naik.

Laman: 1 2 3

Promot Content

You might also like
close